Tuesday, February 5, 2019

MENGAPA MASYARAKAT SELALU MENGALAMI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Mengapa Masyarakat Selalu Mengalami Perubahan Sosial Budaya?



Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita harus fahami dulu arti dari perubahan sosial budaya, dan adapun Perubahan sosial budaya adalah perubahan prilaku dalam aspek sosial budaya yang terjadi pada manusia, agar manusia dapat menunjukan eksistensinya atau keberadaannya dalam dinamika baru di masyarakat.

Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang dianugerahi oleh Tuhan dengan bekal Nafsu, sehingga di dalam hati setiap manusia selalu ada keinginan dan rasa tidak puas, oleh karena itu untuk memenuhi segala keinginannya maka selalu saja ada usaha yang dilakukan oleh manusia sehingga segala hal yang ada terus di perbaharui guna memenuhi keinginannya tersebut, hal ini menyebabkan terjadinya perubahan di segala sisi, termasuk di sisi sosial dan budaya.

Sehingga dari paparan singkat di atas maka dapat kita simpulkan, mengapa masyarakat selalu mengalami perubahan sosial budaya?, jawabannya adalah dikarenakn beberapa hal sebagai berikut:

  1. Karena manusia merupakan mahluk yang memiliki akal dan fikiran disertai nafsu sehingga manusia selalu memiliki keinginan untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan berbagaimacam cara.
  2. Perubahan  yang ada terus berkembang pesat disegala sisi, termasuk didalamnya pada sisi sosial budaya.
  3. Manusia memiliki naluri untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan keadaan yanga da disekitarnya, sehingga jelas akan terjadi perubahan pada sisi sosial maupun budaya setiap manusia karena usahanya untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sosial budaya yang terus berubah.

No comments:

Post a Comment

POSTER PLANTAE