Tuesday, February 5, 2019

Mengisi Kemerdekaan dan Mempertahankan Kemerdekaan

MENGISI KEMERDEKAAN



Sahabat COPY ANUGERAH, kali ini kami akan coba menshare apa saja kegiatan yang bisa dilakukan oleh kita dalam rangka MENGISI KEMERDEKAAN serta MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN, semoga bermanfaat.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk MENGISI KEMERDEKAAN:

Cara mengisi kemerdekaan yang dapat dilakukan oleh pelajar adalah:


  1. Dengan cara belajar secara sungguh-sungguh, tugas utama seorang pelajar adalah belajar dan untuk mengisi lkemerdekaan sudah tentu seorang pelajar wajib untuk belajar secara sungguh-sungguh.
  2. Mempelajari sejarah Indonesia, tentunya dengan belajar sejarah bangsa ini maka akan timbul rasa cinta terhadap bangsa Indonesia, dengan memahami dan mempelajari sejarah maka kita akan tau betapa besar pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang bangsa ini untuk memerdekakan negeri ini.
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan positif, dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif maka itu merupakan wujud dari usaha mengisi kemerdekaan, contoh kegiatan positif diantaranya adalah: melakukan kegiatan sosial (membantu korban bencana), ikut serta dalah kegiatan lingkungan, dll.

Cara mempertahankan kemerdekaan dapat dilakukan dengan cara:
  1. Menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga persatuan dan kesatuan menjadi sangat penting untuk menghindari perpecahan, karena perpecahan merupakan salah satu ancaman atas kemerdekaan, contoh sikap menjaga persatuan dan kesatuan diantaranya adalah dengan menjauhi sikap bulying.
  2. Memperkuat sistem keamanan Negara, hal ini merupakan salah satu tugas negara untuk memperkuat sistem keamanan, namun kitapun bisa berperan serta dalam hal ini, diantaranya adalah dengan mempersiapkan diri, mental dan fisik apabila sewaktu-waktu kita dibutuhkan, dan untuk pelajar tentunya belajar yang sungguh-sungguh merupakan salah satu usaha memperkuat sistem keamanan.
  3. Menghindari dan mendeteksi segala ancaman dari dalam maupun dari luar, hal ini tentusaja menjadi kewajiban dari setiap warga negara, apabila melihat atau menyaksikan benih-benih ancaman terhadap keutuhan bangsa maka sudah sepatutnyalah kita segera mengambil tindakan dengan cara sesuai dengan peraturan yang telah di tentukan.
  4. Mempertahankan budaya gotong royong, budaya gotong royong saat ini sudah mulai luntur dan hilang sebagai dampak negatif dari globalisasi, namun akan lebih baik apabila budaya gotongroyong ditumbuhkan kembali, karena dengan gotongroyong mencerminkan sikap kebersamaan dan salah satu pengamalan dari butir pancasila, dan tentunya dengan gotong royong dapat mempertahankan sikap kebersamaan sehingga pertahanan di masyarakat kita semaki kuat.



No comments:

Post a Comment

POSTER PLANTAE