Wednesday, January 30, 2019

KONDUKSI (hantaran), KONVEKSI (Aliran) dan RADIASI ( Pancaran) (Perpindahan Panas / Kalor)


KONDUKSI (hantaran),  KONVEKSI (Aliran) dan RADIASI ( Pancaran)
(Perpindahan Panas / Kalor)

Energi panas adalah segala kemampuan atau kondisi yang terjadi akibat dari adanya kepengaruhan panas, Matahari merupakan sumber panas utama di muka bumi ini, sumber energy panas lainnya diantaranya adalah Api, Listrik, Panas Bumi, dan lain-lain.

Energi panas dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan energy panas dapat berpindah dan energi panas yang berpindah dinamakan kalor. Dalam kehidupan nyata secara alami kalor dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah, contoh kejadian nya adalah pada saat kita merebus air di kompor atau di atas api, energi panar berpindah dari api ke air sehingga air yang direbus bisa menjadi  panas dan bahkan mendidih.

Perpindahan panas sendiri ada yang terjadi secara Konduksi (hantaran), Konveksi (aliran) dan Radiasi (Pancaran).

Perpindahan Kalor Secara Konduksi (hantaran)

Perpindahan kalor secara konduksi adalah peristiwa peprindahan kalor atau panas melalui perantara (penghantar) dengan tanpa disertai perpindahan zat perantara tersebut.

Contoh sederhana untuk memahami tentang pengertian kondusi adalah peristiwa merebus air, pada saat merebus air panas atau kalor dari api dihantarkan panci atau wadah dan panas dari wadah atau panci tersebut mengantarkan kalor kembali ke air dan mengakibatkan air menjadi panas.

Contoh lain proses konduksi diantaranya adalah proses saat mengaduk air panas dengan sendok, peristiwa pemanasan batang besi, dan lain-lain.



Kecepatan pemanasan pada peristiwa konduksi sangat dipengaruhi oleh penghantar dari kalor tersebut, dan kemampuan dari suatu benda atau zat mengantarkan kalor disebut dengan  daya hantar kalor, daya hantar kalor dari tiap benda berbeda-beda, dan tidak semua benda dapat menghantarkan kalor.

Beberapa zat atau benda berdasarkan daya hantar panas, dibedakan menjadi tiga macam yaitu :

  1. Konduktor, adalah penghantar panas dengan baik. Contohnya adalah semua jenis logam.
  2. Isolator, adalah penghantar panas yang tidak baik. Isolator disebut juga penyekat karena dapat meredam panas. Contohnya adalah plastik, karet, kayu, gabus, kain.
  3. Semikonduktor, adalah zat yang bersifat setengah konduktor dan setengah isolator, contohnya adalah gelas dan ebonit.


Perpindahan kalor secara Konveksi (aliran)

Konveksi adalah peristiwa perpindahan panas atau kalor yang disertai perpindahan zat perantaranya, peristiwa konveksi hampir serupa dengan peristiwa konduksi yang membedakannya adalah pada peristiwa konduksi penghantar tidak disertai zat perantaranya sedangkan pada peristiwa konveksi di sertai dengan perpindahan zat perantaranya.

Contoh peristiwa konveksi diantaranya adalah peristiwa Terjadinya angin darat dan angin laut. Pada malam hari daratan lebih cepat dingin daripada laut. Akibatnya udara panas di atas laut bergerak naik dan tempatnya digantikan oleh udara yang lebih dingin dari daratan, sehingga terjadi angin darat yang bertiup dari daratan ke lautan.



Perpindahan Panas secara Radiasi (Pancaran)

Peritiwa perpindahan panas secara radiasi adalah peristiwa dimana kalor atau panas tidak membutuhkan media atau perantara untuk berpindah.

Contoh peristiwa radiasi diantaranya adalah peristiwa matahari yang menyinari bumi, dimana panas dari sinar matahari langsung mengenai permukaan bumi.













No comments:

Post a Comment

POSTER PLANTAE